02280 2200325 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008004100059040002200100100021900122245010700341250002300448300003700471505021200508020001800720041000800738082002000746084002000766264003400786264002100820336002100841337003000862338002300892520096000915521001801875650003101893850001201924990001801936INLIS00000000111435220221003013905 a0010-1022000004ta220916s1996 yoi g ind  aSSPDPALbinderda1 aWidyamartaya, A.epenuliseWidyamartaya, A.epenuliseWidyamartaya, A.epenuliseWidyamartaya, A.epenuliseWidyamartaya, A.epenuliseWidyamartaya, A.epenuliseWidyamartaya, A.epenuliseWidyamartaya, A.epenulis 0aKreatif berwicara :bTuntunan berwicara untuk siswa-siswa SLA dan Umum /cPenulis, A. Widyamartaya, BA aCetakan ke 8, 1996 a70 halaman :bIlustrasi ;c21 cm aPendahuluan : Mengapa kita perlu berlatih wicara-- Bab I Mari kita berwicara-- Bab II Kita tingkatkan efektivitas wicara kita-- Bab III Mengatur wicara kita-- Sebuah rangkuman-- Beberapa bacaan untuk latihan a979-413-214-40 aind042[23]a302.224 5 a302.224 5 WID k 0aYogjakarta :bKanisius,c1996 a© Kanisius 1980 2rdacontentateks 2rdamediaatanpa perantara 2rdacarrieravolume aPengetahuan dan kemampuan wicara sudah selayaknya menduduki tempat pertama dalam pendidikan bahasa, sebab akhirnya bahasa itu harus sungguh-sungguh bersifat fungsional, harus benar-benar berfungsi dengan baik dalam dan bagi kehidupan sehari-hari. selain dari pada itu bahwa anak didik selama ini kurang diberi kesempatan untuk aktif, berinisiatif dan kreatif dalam pendidikan khususnya pendidikan bahasa. sudah saatnya sekarang pendidikan bahasa diarahkan untuk menciptakan manusia-manusia yang berkreasi dengan bahasanya, buku ini membantu menanamkan jiwa kepemimpinan siswa, yaitu keinginan menyumbangkan ide-idenya demi kemajuan manusia dan masyarakatnya. buku ini ingin menumbuhkan dan menyadarkan motivasi wicara pada diri siswa, selain itu juga siswa diajarkan mengutamakan bentuk-bentuk wicara sehari-hari dengan tiga tahap latihan yakni berwicara dengan spontan, berwicara dengan teknik-tekniknya dan berwicara dengan memperhatikan tata urutannya. aPelajar, Umum aBicara -- aspek fisiologis aSSPDPAL a10632/HD/2022